loading...

Cabang - Cabang Seni

Cabang – Cabang Seni

Cabang – Cabang seni dibagi menjadi 4, yakni :

1.       Seni Rupa

Seni rupa memiliki wujud pasti dan tetap yakni menggunakan elemenrupa sebagai salah satu wujud yang dikelompokkan kedalam bentuk multimedia, gambar, lukis, patung, kerajinan tangan,kriya, dan grafis.

a.       Hakekat Seni Rupa

Seni rupa sebagai karya yang kasat mata, perwujudannya merupakan wadah pembabaran ide yang bersifat batiniah dalam mengadakan pendekatan terhadap sni rupa seluruh panca indra kita, khususnya penglihatan, perabaan dan perimbangan kita terlibat terhadap bentuk seni rupa yang terdiri dari aneka warna, garis , bidang, tekstur ,dsbnya.

b.       Aspek aspek karya seni rupa

Diantaranya sbb:

1)      Wujud

Wujud visual karya seni rupa merupakan wadah. Feldman membedakan wujud visual menadi bentuk dan struktur estetis. Bentuk adalah unsur seni rupa yang terbentuk karena unsur ruang dan volume. Unsur estetis adalah konfigurasi suatu karya seni rupa sebagai keseluruhan hubungan dari unsur – unsur visual ( titik, warna, garis, bidang, tekstur, cahaya, volume, dll) atau perpaduan unsur – unsur visual dengan unsur lain ( gerak, bunyi, dll ).

2)      Isi

Isi ata ideoplastik adalah aspek ide gagasan atau tema yang ada dalam karya seni rupa. Mempunyai 2 makna yakni makna denotatif bersifat objektif dan dipahami melalui pengamatan dan pikiran atau rasio, sedangkan makna konotatif lebih bersifat subjektif dan lebih berkaitan dengan perasaan serta makana simbolik atau tersirat.

2.       Seni Musik

Unsur suara merupakan elemen utama dari seni musik. Unsur lain dapat berbentuk harmoni, melodi dan notasi musik yang merupakan wujud sarana yang diajarkan di sekolah. Media yang digunakan dalam seni musik adalah vokal dan instrumen.

Seniusik biasanya banyak berkembang pada komunitas masyarakat yang memiliki aliran seperti; klasik, ekspresionis, eksperimentalis, dan fluonsis dengan memahami perkembangan musik melalui bunyi – bunyian yang tidak berirama dan bernada.

3.       Seni Teater

Kompetensi dasar dalam bidang seni teater mencakup kemampuan dalam memahami dan membuat karya teater, kemampuan memahami dan membuat karya naskah, kemampuan atau atat teknik pentas panggung dan menciptakan suasana sebagai perangkat tambahan yang diperlukan dalam membidangi seni teater.

4.       Seni Tari

Tari adalah gerakan halus yang memiliki unsur astetis. Keindaan seni tari terletak padakepuasan dan kebahagiaan dari para penonton maupun para penari. Seni tari memerlukan suatu media gerak. Gerk urni atau gerak biasa tidak emiliki mkana tertentu. Gerak maknawi memiliki makna yang mendalam untuk menyampaikan maksud-mkasud tertentu yang dapat dibangun dengan unsur kendahan , makana gerakan tari semakin halus, estetis, dan geraknya dapat memiliki bangunan ekspresi bentuk yang dapat dinikmati oleh manusia.

 Sumber:

LKS seni buadaya kelas x

Penerbit swadaya murni

 

0 Comments

Leave a comment